Labels:

ASEAN Community 2015 Kesempatan Emas Blogger Indonesia Go Internasional

ASEAN Blogger Community - ASEAN Community 2015 - Komunitas ASEAN 2015

ASEAN Community 2015 sudah terdengar sejak tahun 2011 lalu, namun masih banyak yang belum tahu apa dan bagaimana sebenarnya ASEAN Community 2015 ini. Bahkan
mengenai organisasi ASEAN sendiri juga belum semua masyarakat Indonesia mengetahuinya. Padahal organisasi ASEAN yang berdiri sejak tahun 1967 senantiasa menjadi sorotan dunia internasional, bahkan setiap tahun digelar pertemuan resmi negara-negara anggota ASEAN.

Association of South East Asia Nations atau ASEAN adalah sebuah sebuah organisasi geo-poilitik yang dibentuk oleh negara-negara yang ada di wilayah Asia Tenggara, sehingga ASEAN juga dikenal sebagai Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Tujuan dari berdirinya ASEAN yang diprakarsai oleh Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina dan Thailand adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan social memajukan perdamaian, stabilitas di tingkat regionalnya dan pengembangan kebudayaan negara-negara anggotanya serta meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan di antara anggotanya dengan damai.

Hingga saat ini negara-negara anggota ASEAN telah bertambah jumlahnya menjadi 10 negara dengan masuknya Myanmar, Laos, Brunei Darussalam, Kamboja dan Vietnam, selain kelima negara yang telah ada sebelumnya. Hubungan negara-negara anggota ASEAN pun semakin bagus dan terjaga dengan baik, pertumbuhan ekonomi negara-negara anggota ASEAN juga maju secara signifikan, apalagi rasa saling percaya antara sesame negara anggota bisa terpelihara dengan baik, malahan semakin hari semakin baik kualitasnya.

Saat ini kerjasama Internasional semakin digiatkan oleh seluruh negara-negara yang ada di permukaan bumi ini. Salah satunya adalah dengan melakukan kerjasama dengan negara Indonesia dalam berbagai hal. Kebijakan untuk melakukan kerjasama Internasional adalah salah satu unsure yang sangat penting dalam pelaksanaan kebijakan politik luarnageri Indonesia yang bebas dan aktif. Dengan adanya kerjasama internasional ini, Indonesia mempunyai peluang untuk melaksanakan pembangunan nasional secara berkesinambungan. Dan ASEAN merupakan kunci penting dalam pelaksanaan kerjasama Internasional Indonesia, dikarenakan ASEAN adalah lingkaran konsentris terdekat yang ada di kawasan Asia Tenggara dan menjadi soko guru utama pelaksanaan politik luarngeri Indonesia.

Dalam perkembangannya, negara-negara yang tergabung dalam organisasi ASEAN bermufakat dan sepakat untuk membentuk ASEAN Community 2015 atau Komunitas ASEAN 2015. Kalau dihitung dari tahun ini yaitu tahun 2013, maka ASEAN Community 2015 hanya sisa dua tahun lagi dari sekarang. Melihat dari waktunya yang semakin dekat, maka Indonesia harus berbenah diri untuk bersiap menyambut terbentuknya ASEAN Community 2015, yang bertujuan untuk menciptakan integrasi perekonomian seluruh negara anggota ASEAN sebagai sebuah pasar tunggal dan basis produksi yang memiliki iklim ekonomi kompetitif, pembangunan ekonomi merata, dan berintegrasi dengan perekonomian global.

Mengingat tenggat waktu yang semakin dekat, tentunya diperlukan aksi langsung untuk segera mengsosialisasikan kepada masyarakat Indonesia mengenai ASEAN Community 2015 ini. Dalam hal ini blogger ini harus ikut berperan untuk berpatisipasi dalam kegiatan menyebarluaskan informasi mengenai ASEAN Community 2015 ini. Tentunya blogger Indonesia tidak berjalan sendiri, melainkan bersinergi dengan lembaga pemerintah maupun non pemerintah atau dengan organisasi serta komunitas masyarakat, termasuk dengan Komunitas Blogger ASEAN, yang bisa menyasar langsung ketengah masyarakat umum agar informasi mengenai ASEAN Community ini bisa mereka terima dengan pemahaman yang lebih jelas dan terarah.

Dengan adanya ASEAN Community 2015 ini masyarakat dan bangsa Indonesia akan lebih dituntut untuk bisa berkompetisi dengan masyarakat dan bangsa dari negara-negara ASEAN lainnya. Karena ekonomi dan pasar akan menjadi lebih terbuka berkat ASEAN Community ini. Jadi apabila negara Indonesia tidak bijak dalam mempersiapkan sumber daya manusianya beserta seluruh potensi kekayaan alam bumi nusantara ini, maka bisa dibayangkan negara Indonesia akan kalah bersaing sehingga ketinggalan oleh negara-negara ASEAN lainnya.

Akan tetapi bila negara Indonesia ternyata benar-benar telah siap menyambut terbentuknya ASEAN Community 2015, maka berarti kita akan bisa berdiri tegak dengan membusungkan dada untuk menunjukkan eksistensi keberadaan kita sebagai suatu bangsa dan negara yang patut diperhitungkan di antara sesame negara anggota ASEAN. Dengan demikian gerbang harapan yang penuh dengan masa keemasan di masa depan kelak bisa kita songsong dan raih bersama dalam satu cita-cita luhur para pendiri negeri ini, yaitu demi kesejahteraan dan kemakmuran bangsa dan negara Indonesia.

Dan bagi blogger Indonesia dengan ikut bergabung dalam Komunitas Blogger ASEAN maka ASEAN Community 2015 kesempatan emas Blogger Indonesia Go Internasional. Tentunya dengan meningkatkan kualitas kita sebagai seorang blogger yang mumpuni, sehingga blogger Indonesia mampu bersaing dengan blogger-blogger lain yang datang dari negara-negara anggota ASEAN. Ingat, masa depan itu kita sendiri yang menentukan, dan kita sendiri yang akan meraihnya, karena semua itu terletak dalam tangan kita sendiri, dan bukan pemberian dari siapapun juga.


ASEAN Blogger

54 comments :

  1. selamat berkompetisi mb,,,,,
    sukses ya,,,,


    kuncinya ada pada diri kita sendiri ya

    ReplyDelete
  2. Bagus juga ya buk kalau kita bisa bergabung dengan komunitas blogger Asean. Bisa kita akan punya banyak teman dari luar negeri. :)

    Izin follow blog nya ya buk. Kalau berkenan, mohon follow balik. Makasih :)

    ReplyDelete
  3. pengen ikut walau ga menang
    tapi hati pasti dapat senang

    ReplyDelete
  4. smg sukses kontesx bunda..., coba2 sy ke asianblogger.com pengen liat2.., makasih *smile

    ReplyDelete
  5. sangat menarik informasinya mbak Wieka,,, saya jd ingin bergabung dgn blogger asean nantinya,,,, biar tambah wawasan n pengalaman :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalau gabung dulu jadi KPK malah lebih bagus deh....;o)

      saya wajib polow blognya agar terbiasa mampir kesini dan agar lebih mudah untuk ngintip pacarnya m'ba wieka yang juragan handuk ituh....hehehe

      Delete
    2. Saya setuju sama Kang Lembu di atas. Gabung aja dulu dengan komunitas KPK karena asyik asyik dan very cool orangnya. Banyak orang ganteng, lebih ganteng dan paling ganteng di Komunitas ini. Percaya deh. Tanya aja sama Kang Lembu hihihihihi.

      Delete
  6. saya aplaus bu....mau saya kasih G+....

    ReplyDelete
  7. Wah biar nambah motivasi khususnya para blogger indonesia..

    ReplyDelete
  8. Hmmmm coba maen ke web blogger asean dulu.. apa teman2 dari negara2 seasean sudah ada yg bergabung???

    ReplyDelete
  9. Semakin banyak peserta setiap orang melakukan penulis kontes seperti ini, semakin baik para dukungan blogger Indonesia untuk ikut serta menyosong hal positif seperti ini.


    Salam wisata

    ReplyDelete
  10. Semoga tujuan dan harapannya bisa di rasakan loeh para anggota negara dan yg penting rakyatnya :)

    Support and moga sukses ya mbak :)

    ReplyDelete
  11. Kunjungan perdana mbak, berkunjung sambil menyimak. mudah-mudahan asean comuniti bisa terwujud dengan sempurna yah mbak. aamiiin. salam kenal.

    ReplyDelete
  12. gagasan menarik dan harus didukung. karena sitidaknya dengan bergabung komunitas blogger asean ini selain mempererat kehidupan bangsa searumpun, juga menambah teman untuk saling mengenal budaya masing masing..

    ReplyDelete
    Replies
    1. selain daripada apa yang disampaikan kang Wisata Murah, dengan bergabung dan ikiutan kontes ini, gaung kebersamaan antara negara Asean akan makin membumi...gitu kira-kira...pasti pada setuju dong?

      Delete
  13. harapan dan peluang sudah didepan mata nih rupanya,,,
    mudah-mudahan saja bisa terlaksana,,,

    ReplyDelete
  14. Semoga sukses nih.. Sukses juga untuk asean blogger

    ReplyDelete
  15. Dan tahapan pertama adalah ...
    memperlancar bahasa asing ...
    terutama bahasa tulisan ...
    karena bahasa tulisan rasanya beda dengan bahasa lisan

    Salam saya

    ReplyDelete
  16. memang jadi blogger yang luar biasa untuk dikenal sampai ke luar negeri perlu kualitas dan rasanya saya cukup di dalam negeri saja

    ReplyDelete
  17. sukses ya mbak untuk lombanya
    oya salam kenal
    blog nya sudah saya follow ya

    ReplyDelete
  18. lah saya malah baru ngeh, kalau artikel yang sama tentang Asean yang ada di rumahnya bang har raja handuk lagi ikutan kontes...y
    moga menang kontesnya

    ReplyDelete
  19. baca tulisan ini jadi ingat kembali tentang negara ASEAN.

    Semoga sukses kontesnya ya mbak

    ReplyDelete
  20. wah lagi ikutan kontes ya mbak.. saya doain semoga menang ya mbak.. dan posisi blogger indonesia jadi naik daun di mata ASEAN hehehe.. saya blogger newbie cuma bisa suport aja mbak.....

    ReplyDelete
  21. Saatnya blogger Indonesia berkomptisi.. Semangattt

    ReplyDelete
  22. Sebagai Negara terbesar di ASEAN, blogger mestinya bisa menjadi leader blogger-blogger di ASEAN. Semoga. :)

    ReplyDelete
  23. majulah terus blogger Indonesia

    ReplyDelete
  24. heran aja sesama anggota asean kadang suka usil, kayak negara tetangga.
    semoga menang, ya.

    ReplyDelete
  25. Waaa,, keren banget ikutan ya, saya baru pemula cuma jadi tim hore-hore aja deh. Semoga sukses ya mba, pengharum nama blogger Indonesia, chaiyoo (^,^)/

    ReplyDelete
  26. Semoga para blogger Indonesia akan semakin maju dan memberikan banyak manfaat kepada masyarakat banyak dengan informasinya yang disajikan di tiap blognya

    ReplyDelete
  27. wah kayaknya seru banget nih asean community, bisa ketemu teman2 blogger dr negara lain

    ReplyDelete
  28. mempersiapkan diri dan semangat. ^_^

    ReplyDelete
  29. asalamualaikum
    semoga menang kontesnya mba

    ReplyDelete
  30. Blogger, insya ALlah bisa jadi ujung tombak ya mbak.
    SAlam kenal ya mbak Wieka. Baru tahu saya, rupanya istri pak Hariyanto seorang blogger juga :)

    Moga menang ya mbak :)

    ReplyDelete
  31. Wihh Go International.. :D

    jadi pengen ngikut,

    ReplyDelete
  32. Kembali support dan moga sukses ya mbak.. :)

    ReplyDelete
  33. Belum pede, masih malu bergaul dengan bloger ASEAN.

    ReplyDelete
  34. Harus bergabung nih, biar bisa menimba ilmu dari para blogger senior.

    ReplyDelete
  35. Assalaamu'alaikum wr.wb, mbak Wieka Wintari....

    Semoga sukses untuk lombanya dan membuah hasil buat kenangan sebagai blogger yang sudah berusaha untuk mengajak kepada keberhasilan ASEAN COMMUNITY ini. Salut atas semangat mbak Wieka.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak.
    SITI FATIMAH AHMAD

    ReplyDelete
  36. keren ya jika bisa bergabung di asean blogger ini mbak :)

    ReplyDelete
  37. semoga berhasil dan berjalan dengan baik...

    ReplyDelete
  38. Boleh juga ini, asean blogger community.
    Semoga semangat menulis semakin terpacu dengan adanya event seperti ini.
    sukses ya mbak

    ReplyDelete
  39. Hi, mohon ijin berbagi informasi ya… Yuk ikutan #ZockoUnlocked Blogging Competition berhadiah iPhone 5S atau iPad Mini! Untuk info lengkap silakan kunjungi http://weare.zocko.com ya dan jangan lupa sign up di http://www.zocko.com terlebih dahulu! Kami tunggu ☺

    ReplyDelete
  40. Cara bergabung dalam komunitas asean blogger gmn caranya y?

    ReplyDelete
  41. Infonya sngt mnarik.. Boleh juga tuh.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkenan membaca artikel ini dan meninggalkan jejak komentar yang baik.

 
Lembar Kehidupan Wieka © 2008 | Designed by Wieka Wintari Banjarbaru, Kalimantan Selatan - Indonesia